Monday, December 26, 2005

Sniffing vs Spoofing

Ada 2 istilah dalam sekuriti internet yang sering membingungkan orang. Sniffing, Spoofing.

Sniffing adalah adalah kegiatan menyadap dan/atau menginspeksi paket data menggunakan sniffer software atau hardware di internet. Kegiatan ini sering disebut sebagai serangan sekuriti pasif dengan cara membaca data yang berkeliaran di internet, dan memfilter khusus untuk host tujuan tertentu. Jadi kegiatan ini tidak melakukan apa-apa terhadap data, tidak merubah dan tidak memanipulasi. Cukup menyadap. Ia digunakan untuk mendapatkan informasi seperti password, data-data rahasia dan lainnya. Sering digunakan para analyst networking, baik dari kalangan developer maupun network administrator, untuk melakukan troubleshooting.

Spoofing adalah aksi pemalsuan identitas. IP Spoofing merupakan tehnik yang digunakan bagi penyelundup untuk mengakses sebuah network dengan mengirimkan paket/pesan dari sebuah komputer yang mengindikasikan bahwa paket/pesan tersebut berasal dari host yang terpercaya. Untuk melakukan aksi ini para penyelundup menggunakan tehnik yang bermacam-macam, dan spoofing sendiri merupakan salah satu bagian dari proses penyerangan.

7 comments:

Unknown said...

helloo. mas. bisa dikasi contoh gak cara praktik sniffing and spoofing nya secara langsung? software apa2 aja gitu yang dipake, de el el...

makasih ya..

blackeye said...

mas mau tanya...kalo spoofing itu sama nggga jika kita pake proxy...itu termasuk spoofing ngga? atau mungkin pake fake login..itu spoofing juga ngga?

makasih mas

GIGIH ARYO said...

mas maksih atas infonya
mas tau softwarenya gag??
aku minta linknya...

danu said...

software nya sniffing = Wireshark
spoofing = cain&Abel

Alkwords said...

pake kali linux aja bang lengkap

Unknown said...

contoh penyelesaiannya gmn gan? tolong share dong

Fakhrul ashhab said...

user termux cuman nyimak